Digital Automation for Business? Yes, We Need It!



Telepas dari gender, usia, budaya, ataupun latar belakang pendidikan, sepertinya kita sepakat bahwa teknologi sudah sepatutnya memudahkan kita. Namun sayangnya, terkadang sebagian dari kita belum bisa memaksimalkannya. Dan bahkan tergilas oleh teknologi yang ada! Tergilas? Terdengar berlebihan memang. Tapi sejatinya itulah yang terjadi saat ini. Saking asiknya kita dengan teknologi, kita kerap lalai dengan fitrah kita sebagai insan yang punya rasa peduli. Peduli dengan siapa? Dengan lingkungan sekitar tentunya. Seperti mereka yang bersama kita di rumah, kantor, dan komunitas.

Ambil contoh media sosial. Saking getolnya kita bermedia sosial, baik untuk kebutuhan pribadi ataupun pekerjaan, bisnis ataupun sosial, kita masih menggunakannya secara manual. Ya manual! Semisal untuk keperluan update status, membagikan info terbaru dari portal berita favorit, mengirim reminder ke rekan-rekan sejawat, atau mempromosikan bisnis yang kita miliki. Mayoritas dari kita masih menjalankannya secara manual. Tidak percaya? Coba perhatikan. Untuk melakukan itu semua, pastinya rentetan yang akan kita jalankan sebagai berikut; membuka aplikasinya, menulis materinya, menyiapkan gambar, menentukan siapa yang akan menerimanya, dan kirim! Ups, tunggu dulu! Tentunya semua bisa berjalan jika terkoneksi jaringan internet. Bagaimana jika tidak?

Nah, pernah terbayang seandainya kita harus menjalankan itu semua di saat yang sama? Mengupdate status, membagikan info terkini dari portal berita favorit, mengirim reminder ke rekan-rekan sejawat, dan mempromosikan brand yang belum lama kita luncurkan. Terlebih jika di saat itu pula kita sedang mendampingi orangtua berobat ke dokter. Atau... meeting dengan calon customer. Repot?

Nah, sabtu 19/01/2019, saya diberi kesempatan oleh Mas Oky Setiarso untuk sharing tentang "Digital Automation for Business" di KopiJadi, Tebet, Jakarta Selatan. Sebuah kedai kopi yang ia proyeksikan nantinya dapat menjadi sebuah community hub. Tempat dimana siapapun bisa berbagi ilmu, inspirasi, dan saling memotivasi. Tempat yang ia harapkan bisa menyatukan semua elemen masyarakat yang memiliki visi sama untuk kemajuan nusantara. Tempat untuk saling bertukar ide kecil untuk Indonesia.

Pelatihan "Digital Automation for Business" yang kami adakan tersebut berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas. Bagaimana sejatinya teknologi yang ada saat ini dapat membantu kita semua. Memudahkan kita untuk bekerja multi-tasking. Mensinkronisasikan kebutuhan pribadi, pekerjaan, bisnis dan sosial. Menghemat waktu sekaligus biaya. Bisa? Bisa!

Berjalan selama kurang lebih 4 jam, workshop ini dihadiri oleh 5 peserta dari rentang umur yang berbeda, pun berasal dari 'dunia' yang berbeda. Alhamdulillah kelimanya antusias dan mengamini apa yang didapat hari itu bermanfaat bagi mereka. Alhasil, saya dan Mas Oky sepakat untuk membuat workshop ini secara reguler. Tujuannya? Merangkum ide kecil untuk Indonesia sekaligus memberikan literasi terkait otomasi digital. Tertarik untuk bergabung? Sila follow akun IG @idekeciluntukIndonesia segera.

*Note: jika rekan-rekan ingin mendapat data tentang Social Media Trend 2019, monggo unduh disini >> LINK. Terima kasih :)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

#NusantaraBerinfaq

5 Startup Ladies Indonesia